RSS

Zalora




ZALORA



Mata Kuliah  : Peng. Teknologi SIA 1
Dosen              : Ratna Asyurawati
Disusun Oleh : 

1.    Inna Amandha Anjani M.              24213419
2.    Intan Maulidina Handayani           24213439
3.    Muhamad Reza Ariesta                  25213760
4.    Muhammad Rustama                     26213137
5.    Petra Yohana Shinta Zega             26213852
6.    Tia Budi Pratiwi                             28213879
7.    Yuli Setia Ningsih                          29213560
Kelas               : 3EB03


FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2015/2016


KATA PENGANTAR


Puji dan Syukur Penyusun Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya. Makalah ini membahas tentang “ZALORA”.

Dalam penyusunan makalah ini, penyusun banyak mendapat hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak itu bisa teratasi. Oleh karena itu, penyusun mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penyusun harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya.

Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.


Depok, November 2015



Penyusun
           





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
KATA PENGANTAR ........................................................................................... ii
DAFTAR ISI ........................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN....................................................................................... 1
A.  Latar Belakang.................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN......................................................................................... 2
A.  Sejarah Zalora..................................................................................................... 2
B.  Sistem Penjualan Zalora..................................................................................... 3
C.  Riset Pasar........................................................................................................... 6
D.  Masalah Finansial................................................................................................ 7
E.  Strategi Pasar....................................................................................................... 7
F.   Kelebihan dan Kekurangan............................................................................... 11
BAB III KESIMPULAN......................................................................................... 16
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................. 17






BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut dunia maya. Di dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor yang paling terkena dampak dari perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.
Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya. Oleh karena itu, kami akan mencoba membahas apa dan bagaimana e-commerce tersebut.












BAB II
PEMBAHASAN

A.      Sejarah Zalora
ZALORA adalah toko online fashion dan kecantikan yang menawarkan koleksi pakaian, aksesoris, sepatu dan produk kecantikan untuk pria dan wanita. Berpusat di Singapura, ZALORA juga terdapat di Hong Kong, Singapura, Indonesia, Filipina, Thailand, Vietnam, Malaysia dan Brunei. ZALORA menjual produk fashion dari brand international dan juga brand local di setiap Negara yang beroperasi. ZALORA juga beroperasi di Australia dan New Zealand sebagai The Iconic. Zalora adalah salah satu investasi utama Rocket Internet di Singapura.
Pada Awal tahun 2012, ZALORA meluncurkan berbagai situs local di seluruh Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand dan Vietnam. Pada awal tahun 2013, ZALORA memperbesar layanannya di ZALORA Malaysia dengan menawarkan layanan pengiriman ke Brunei.Pada pertengahan tahun 2013, ZALORA mendapatkan putaran dana pertama kali, sebesar US$100 Juta. Pada akhir tahun 2013, ZALORA meluncurkan private label sendiri, Ezra dari ZALORA. Hal ini juga mengumumkan bahwa mereka telah sepakat menjadi online distributor tunggal untuk brand fashion River Island yang berbasis di Inggris untuk Asia Tenggara. ZALORA juga mengumumkan bahwa mereka telah berhasil mendapatkan putaran dana keduanya, total sebesar US$112 Juta. Dana ini dilokasikan untuk mendorong kegiatan ZALORA dalam mengembangkan penawaran produk dan basis pesar. Pada awal tahun 2014, ZALORA mengumumkan rencana untuk mendirikan sebuah Marketplace.
ZALORA Indonesia adalah situs web belanja yang menyediakan kebutuhan mode pakaian yang terdiri dari produk berbagai merek, baik lokal maupun internasional. Zalora Indonesia yang didirikan pada tahun 2012 oleh Catherine Sutjahyo, merupakan bagian dari Zalora Grup di Asia yang terdiri dari Zalora Singapura, Zalora Malaysia, Zalora Vietnam, Zalora Taiwan, Zalora Thailand dan Zalora Filipina.
ZALORA Indonesia merupakan bagian dari ZALORA Group, yang didirikan pada akhir 2011 oleh Rocket Internet GmbH, yang mencakup Grup retail fashion online terkemuka di Asia Pasifik The Iconic di Australia dan Selandia Baru.Rocket Internet GmBH adalah inkubator startup online terbesar di dunia, beberapa usaha lainnya yang hadir di Indonesia meliputi Wimdu,FoodpandaPricePandaLamudi, dan Carmudi. Zalora merupakan anak perusahaan dari situs belanja online Zalando. Zalando merupakan proyek dari Rocket Internet. Di Indonesia Zalora berada di bawah naungan dan dikelola oleh PT Fashion Eservices Indonesia.

CEO Zalora Indonesia
ZALORA Indonesia telah mengumumkan Anthony Fung sebagai CEO untuk memimpin pasar ZALORA di Indonesia efektif sejak hari ini. Sebelumnya, Anthony menjabat sebagai Managing Director untuk ZALORA Indonesia. Tercatat mulai dari September 2015, Anthony akan bertanggung jawab penuh untuk mengawasi dan mengatur operasi ZALORA Indonesia di semua lini dari buyingmerchandising, operations-warehouse sampai dengan strategi marketing di seluruh Indonesia. “ZALORA adalah pemimpin pasar untuk fashion e-commerce in Indonesia.

B.       Sistem Penjualan Zalora
Sistem penjualan pada Zalora merupakan B2C ( Business to Customer) dimana target pemasaran mereka adalah individu. Sistem penjualan pada Zalora ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari pembelian secara fisik. Zalora berfokus kepada penjualan produk seperti pakaian, sepatu, tas, aksesoris, sports, bahkan produk kecantikan. Zalora menawarkan produk-produk dari berbagai brand terkemuka baik lokal maupun internasional. Beberapa keunggulan yang diberikan oleh Zalora adalah :
1.    Menawarkan sistem layanan antar gratis khusus pulau Jawa dan Bali. untuk pulau Sumatera dan  Kalimantan dikenakan biaya pengiriman apabila pembelian dibawah Rp 200.000 . Sedangkan wilayah  Indonesia Timur dan Nusa Tenggara akan dikenakan biaya kirim apabila pembelian dibawah Rp 300.000.
2.    Sistem COD di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu Zalora juga menyediakan layanan COD  menggunakan debit card dan credit card untuk wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.
3.    30 hari garansi uang kembali *berlaku ketentuan

Perusahaan juga menyediakan layanan Customer Service untuk seputar pertanyaan, bantuan, dan belanja  via telepon dengan nomor : 021-29490100
– Senin s.d Jumat : 09.00 – 21.00 WIB
– Sabtu : 09.00 – 13.00 WIB  email : 
help@zalora.co.id

Waktu Pengiriman
WAKTU PEMESANAN
PENGIRIMAN
ESTIMASI PENERIMAAN ORDER
Senin – Jumat, Sebelum 18.00
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dari pemesanan).
Order Anda akan sampai diantara Senin – Sabtu.
Senin – Jumat, Setelah 18.00
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).
Sabtu dan Minggu
Estimasi pengiriman jakarta 1-3 hari kerja, luar Jakarta 2-6 hari kerja (dihitung dihari kerja berikutnya).

Cara Pembelian di Zalora
1.        Masuk ke http://www.zalora.co.id.
2.        Pilih kategori produk yang ingin Anda beli. Anda bisa langsung klik produk yang diinginkan.
3.        Pada halaman produk, pilih ukuran yang Anda inginkan dan klik Beli untuk memasukkan barang ke tas belanja.
4.        Jika Anda sudah menentukan barang-barang yang ingin dibeli, klik Lanjut ke Pembayaran untuk melakukan transaksi.
5.        Anda akan diarahkan ke halaman login/daftar. Jika Anda sudah memiliki akun di ZALORA, Anda bisa memilih Login. Jika Anda belum memiliki akun di ZALORA, Anda bisa membuatnya dengan cara klik Lanjutkan.
6.        Di halaman selanjutnya (setelah login/daftar), Anda akan menemukan tiga buah kolom yang wajib diisi.
7.        Kolom Pertama: Data Pelanggan dan Alamat Pengiriman. Isikan data Anda dan alamat tujuan pengiriman pesanan Anda.
8.        Kolom Kedua: Metode Pembayaran. Pilih metode pembayaran yang Anda inginkan (cash on delivery, transfer ke rekening bank, atau kartu kredit).
9.        Kolom Ketiga: Konfirmasi Pesanan. Pastikan barang yang ingin Anda pesan sudah sesuai.
10.    Setelah Anda memastikan bahwa semua isian sudah dilengkapi dengan benar, klik Bayar. Pembayaran Anda akan langsung diproses dan Anda bisa menunggu email notifikasi dari Zalora.

Keamanan
Pihak zalora memberikan keamanan terhadap proses pembayaran dengan cara melakukan transaksi pembayaran melalui Transfer ATM, dan jika masih tidak percaya atau Bahasa kasarnya takut tertipu, pihak zalora memberikan fasilitas COD (Cash On Delivery) pembayaran langsung apabila barang telah sampai. Zalora menjamin keamanan dari data yang di input oleh costumer.
ZALORA memastikan bahwa informasi yang dikumpulkan akan disimpan dengan aman. Kami menyimpan informasi pribadi Anda dengan cara :
·       Membatasi akses ke dalam informasi pribadi Anda.
·       Mengurus dan mengelola produk-produk teknologi kami untuk mencegah akses komputer yang tidak memiliki izin.
·       Secara aman menghancurkan informasi pribadi Anda saat kami tidak lagi membutuhkannya untuk tujuan catatan retensi.
ZALORA menggunakan teknologi 128 – bit SSL (secure sockets layer) encyption saat memproses rincial finansial Anda. 128-bit SSL encryption bisa dikira mungkin akan membutuhkan waktu sesedikitnya satu triliun tahun untuk rusak, dan ini adalah standar industri. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat

Sistem Publishing
Sistem publishing melalui online di www.zalora.co.id selain itu dapat juga dilihat melalui :
·      Facebook                : https://web.facebook.com/ZaloraIndonesia
·      Twitter                    : https://twitter.com/ZaloraID
·      Blog                        : http://blog.zalora.com
·      Instagram               : http://instagram.com/zaloraid/
·      Google+                 : https://plus.google.com/+ZALORAcoid/posts
·      Pinterest                 : https://www.pinterest.com/zaloraindonesia/
·      You Tube               : https://www.youtube.com/user/ZaloraID
·      Mobile App            : http://www.zalora.co.id/mobile-apps/

C.      Riset Pasar
Zalora Indonesia sebagai salah satu pemain dalam industri e-commerceyang bergerak dalam bidang pasar ritel fashion online. Zalora mencatat prestasi yang luar biasa dengan pencapaian 3.000 transaksi per hari hingga Oktober 2013. Namun, perjalanan Zalora bukanlah tanpa hambatan. Vice Presiden Operasional Zalora Indonesia Hadi Kuncoro, mengatakan salah satu tantangan yang sering dihadapi dalam industri e-commerce adalah masalah layanan dan kepercayaan. 
Meski demikian, dia mengungkapkan Zalora terbukti mampu menghadapi tantangan tersebut dengan pencatatan order per hari mencapai 3.000. "Karena industri e-commerce adalah industri baru dengan pasar yang terbuka sekali," katanya kepada Okezone dalam acara Rekor Bisnis (ReBi) yang diadakan oleh Koran Sindo di Hotel Mulia, Jakarta.       
"Sehingga buat kami semua inovasi yang ada untuk membangun costumer itu menjadi yang utama tapi mengedukasi costumer itu jauh lebih penting sehingga paham betul apa sebenarnya online shop itu," tutur dia.Dia mengungkapkan, pada 2014 nanti Zalora menargetkan order minimal dua kali lipat dari angka yang ada saat ini. Hadi mengatakan ke depan tantangan terbesar yang masih harus dihadapi Zalora adalah bagaimana mengedukasi konsumen tentang industri e-commerce mengingat kehadiran industri tersebut masih baru di Indonesia.
Rocket Internet tidak menentukan tenggat waktu tertentu bagi propertinya merengkuh keuntungan, tetapi di laporan keuangannya mereka menuliskan: “Kami secara umum menginginkan perusahaan kami untuk mencapai titik impas 6-9 tahun setelah peluncuran”. Lazada diluncurkan tahun 2012, sedangkan Zalora diluncurkan akhir tahun 2011. Itu artinya setelah tahun 2018 diperkirakan mereka baru benar-benar mulai mencatatkan profit.

D.      Masalah Finansial
Dari 2012 hingga 2013, Zalora Group mendapat pendanaan dalam empat periode. Tito menyebut strategi ini sebagai “pengukuhan diri sebagai pemain jangka panjang dalam pasar keuangan intensif”.
Investasi ini tentu hadir dengan harapan raihan keuntungan di masa mendatang. Pada 2013, berdasarkan laporan rahasia yang dibocorkan olehManager Magazin Jerman didapat fakta bahwa Zalora menderita kerugian sebanyak USD 95 juta (Rp 1,2 triliun) di 2012, namun diprediksi akan mulai menghasilkan keuntungan di 2015.
Saat dikonfirmasi mengenai target yang ingin dicapai di 2015, Tito enggan untuk menjawabnya. Laporan terakhir yang dirilis perusahaan di 2014 memperlihatkan bahwa kerugian terus dialami Zalora. Kondisi yang sedikit lebih baik yang terjadi pada 2014, namun secara keseluruhan, masih tetap merugi.
Pilihan kata dari Tito ketika menyamakan pendanaan Zalora layaknya medan perang sepertinya tidak berlebihan. Semua pihak di Zalora siap bila mereka harus melewati kondisi tersulit. Mereka telah menyiapkan diri untuk menghadapi pertempuran yang mungkin akan terus terjadi di kemudian hari, baik dari infrastruktur ataupun kompetitor.

E.       Strategi Pasar
Tech in Asia berkesempatan berbicara dengan Managing Director Zalora Tito Costa. Kami membahas banyak hal tentang Zalora, mulai dari langkah awal, tantangan, dan rencana mendatang. Inilah lima poin utama dari perbincangan kami :
1. Terus mengakomodir beragam keinginan konsumen
Zalora memulai usaha mereka sebagai toko online yang menampilkan katalog barang dagangan dari beragam brand terkenal. Namun sejak 2013, mereka mulai mengembangkan brand dengan nama sendiri, awalnya bernama Ezra. Lalu di tahun 2014, label Zalora mulai diluncurkan. Dengan menguasai seluruh mata rantai usaha, Zalora dapat beradaptasi dengan cepat pada tren yang ada dan pilihan di setiap musimnya.
Di pertengahan 2014 yang bertepatan dengan bulan Ramadan, Zalora mengenalkan lini baru pakaian Muslim dan busana yang lebih tertutup. Lalu untuk merangkul para etnis China di Singapura, Malaysia, dan Vietnam, mereka merilis koleksi Tahun Baru China.


Masih di 2014, Zalora meluncurkan marketplace di dalam sistemnya. Tito menjelaskan bahwa, “Ini bukan marketplace C2C, melainkan butik dengan koleksi dari para desainer lokal. Kini marketplace milik Zalora telah memiliki sekitar 2.000 penjual dan 100.000 produk berbeda.”
Tito melihat adanya ‘permintaan lebih’ dari para butik di dalamnya, yang besar kemungkinan juga memasarkan produk mereka melalui Instagram dan Facebook. Melalui marketplace ini, Zalora mengharapkan dapat mengakomodir cara berjualan profesional dengan platform yang telah matang dan menyediakan solusi keamanan pembayaran dan infrastruktur keseluruhan. Menurut Tito, marketplace ini belum sepenuhnya mewakili porsi besar dari bisnis Zalora, namun mereka berniat untuk melanjutkan cara ini.

2. Tren baru belanja online melalui aplikasi


Aplikasi mobile Zalora untuk perangkat iOS dan Android telah diluncurkan sejak April 2013 dan Juli 2013. Tito mengatakan bahwa hingga akhir 2014, separuh dari traffic Zalora berasal dari mobile, baik dari mobile website maupun aplikasi. Tito mengkonfirmasi bahwa pengguna tidak datang hanya sekadar melihat-lihat, namun juga tidak sedikit yang langsung berbelanja melalui gadget mereka. Sayangnya Tito menolak menyebut angka pasti keuangan Zalora yang didapat dari mobile.
Ia hanya bercerita bahwa biasanya pengguna menghabiskan waktu 50 menit per bulan di aplikasi Zalora, yang telah mendapat sekitar 5 juta unduhan sejauh ini. Secara tersirat, Tito menyampaikan bila Zalora tengah berencana untuk fokus pada pasar di ranah mobile saja. Ia melihat banyak warga Asia Tenggara lebih banyak menghabiskan waktu saat menggunakan smartphone ketimbang laptop.
Tito menambahkan, salah satu tolak ukur keseriusan Zalora dalam ranah mobile adalah kerja sama mereka dengan aplikasi chatting seperti Line dan Viber. Untuk mengetahui kepopuleran mereka di Asia Tenggara, ia berencana untuk membuka shopping channel di beberapa aplikasi pihak ketiga tersebut.

3. Pengalaman berbelanja tanpa rasa khawatir
Target lainnya dari Zalora adalah menyiapkan diri untuk memberikan pengalaman berbelanja tanpa dihantui kekhawatiran. Salah satu upaya dalam hal ini adalah ‘pengantaran di hari yang sama dengan pemesanan’. Dengan dikenakan biaya tambahan, konsumen dapat memesan secara online di pagi hari dan menerima barang di sore hari. Layanan ini sudah tersedia di Jakarta, Manila, Singapura, Ho Chi Minh City, dan Bangkok.
Untuk menembus batas antara toko offline dan online, Zalora telah mencoba membuka toko pop-up. Usaha ini, menurut Tito, telah banyak menggaet konsumen baru dan menanamkan kepercayaan dari beberapa konsumen yang masih skeptis terhadap layanan online shopping. Zalora telah membuka toko pop-up ini di kawasan yang identik dengan belanja, seperti Orchard Road di Singapura. Namun rencananya, ia akan membuka toko lainnya di kota tujuan kedua dan ketiga.
Tito melihat keseluruhan tren dari perpaduan upaya online dan offline, layaknya pelaku ritel offline yang mulai melirik dunia online, atau cara sebaliknya. “Vertikal ranah fashion akan terus tumbuh, dan konsumen terus mencari cara berbelanja termudah tanpa perlu was-was,” tambah Tito.

4. Memperluas lahan bisnis
Zalora menyadari ketatnya persaingan dengan kompetitor besar lainnya di Asia Tenggara dan negara lainnya; kebanyakan dari mereka telah melirik kenaikan permintaan dari kelas menengah yang mulai bergairah. Di Indonesia, Zalora kini berhadapan dengan MatahariMall, kompetitor dengan bantuan dana kuat dari jaringan investor lokal dan telah mendapatkan pendanaan USD 500 juta (Rp 6,5 triliun). Seperti Zalora, MatahariMall juga tengah mencari solusi integrasi layanan toko online dan offline. Melalui jaringan ritel Matahari Department Store, mereka telah memiliki infrastruktur yang dibutuhkan.
Tito mengaku tidak khawatir dengan perkembangan ini. “Kami sedang berada di fase pertumbuhan sangat cepat. Penetrasi e-commerce masih stabil seperti yang diprediksi. Pertumbuhan yang cepat dalam skala besar memberi keuntungan bagi banyak pihak.”
Fokus utama Zalora saat ini adalah meraih konsumen potensial sebanyak 600 juta di Asia Tenggara agar mau masuk ke ranah fashion online. Ini artinya mereka membutuhkan bantuan infrastruktur, seperti logistik dan sistem pembayaran – dalam hal ini Zalora telah menerapkan sistem pembayaran COD (Cash on Delivery) – sebagai bagian dari proses membangun kebiasan baru di antara penggila belanja.
Tito mengakui bahwa masa depan dengan kondisi pasar yang cepat berubah sangat susah diprediksi. Mantra rahasia Zalora untuk meraih kesuksesan adalah “jangan berhenti berinovasi.”

F.     Kelebihan Dan Kekurangan
Kelebihan Zalora.co.id
  1. Zalora menyediakan berbagai produk yang dijamin LENGKAP dan tersusun sangat rapi & jelas di website Zalora
Seperti yang saya sebutkan di atas, Zalora menyediakan 400 brand lokal dan internasional. Brand yang tersedia pun ga main-main. Sebut saja Adidas, Nike, Hush Puppies, FENDI, dan Calvin Klein. Selain itu, produk di Zalora mencapai 10.000 produk yang mencakup fashion, aksesoris, tas, sepatu, kecantikan, bahkan dekorasi rumah. Harganya pun sangat bervariasi. Mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.
Produk-produk tersebut dibagi menjadi beberapa katagori yaitu katagori wanita, pria, dan anak-anak. Produk untuk wanita terdiri atas wedges, flats, heels, sandal, atasan, dresses, jeans, tas dan aksesoris. Kalau produk untuk pria terbagi atas sepatu formal, sepatu casual, sepatu olahraga, sneakers, celana pendek, jeans, T-shirt, dan kemeja. Sedangkan produk untuk anak-anak tersedia mulai atasan, bawahan, dan sepatu untuk anak laki-laki dan perempuan.
Selain tiga kategori di atas, konsumen juga bisa mencari di katagori Sale dan katagori <300 bagi konsumen yang ingin membeli produk dengan harga lebih terjangkau. Bagi para muslim atau hijabers, bisa langsung klik katagori busana muslim yang menyediakan berbagai fashion muslim yang elegan, anggun, dan fashionable. Konsumen juga bisa langsung mencari produk berdasarkan brand yang tersedia dengan klik katagori brand. Kalau ingin update produk, langsung saja klik katagori New yang menyediakan berbagai informasi tentang produk-produk baru di Zalora.   
Semua produk tersebut di tampilkan di website Zalora dengan informasi yang sangat jelas dan lengkap. Informasi tersebut mencakup pilihan ukuran, tabel ukuran, rincian produk, bahkan gambar yang menampilkan semua sisi produk.
Selain memberikan informasi terperinci tentang produk yang dijual, Zalora pun menyediakan Brand Information di setiap produknya. Inilah salah satu kelebihan Zalora dibandingkan dengan online shop yang lain. Kebanyakan online shop lain tidak mencantumkan penjelasan apapun tentang brand sehingga terkesan meragukan. Padahal, konsumen pasti tidak ingin membeli kucing dalam karung yang artinya membeli tanpa tahu sebuah produk itu  dari brand mana dan bagaimana seluk-beluknya.
Brand Information di Zalora sangat membantu konsumen untuk mengetahui seluk beluk brand dari produk yang akan dibelinya. Dengan adanya Brand Information, konsumen bisa lebih mudah menentukan produk mana yang sesuai dengan pilihannya.

  1. Belanja di Zalora dijamin AMAN
Zalora menjamin keamanan konsumen saat berbelanja di Zalora. Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, bank transfer, dan pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Setelah pemesanan berhasil, pihak Zalora akan memberikan laporan tentang status pemesanan. Selain itu, semua konsumen akan menerima nomor pelacak produk yang dapat memudahkan pembeli untuk melacak perjalanan produk hingga sampai ke tangan konsumen.

  1. Zalora menyediakan produk-produk dengan HARGA TERJANGKAU
Meski mengusung konsep brand yang mewah dan elegan, Zalora tetap berbaik hati dengan menyediakan berbagai produk berkualitas dengan harga terjangkau. Inilah kelebihan Zalora yang lain. Zalora memberikan harga spesial yang menggiurkan agar konsumen bisa menemukan berbagai produk menarik dengan harga yang ramah di kantong.
Zalora sering mengadakan Sale besar-besaran pada waktu-waktu tertentu   agar konsumen bisa tetap berbelanja dengan hemat. Sale yang diberikan pun tidak tanggung-tanggung yaitu hingga 80%. Sale yang tentu tidak bisa ditemukan di online shop yang lain  bukan?
Selain sale pada waktu tertentu, Zalora menyediakan produk dengan harga terjangkau dalam dua  pilihan yaitu  Sale dan <300.  Sale berisi berbagai produk dengan potongan harga yang lumayan besar.
Sebut saja Theory X Yellow Crinkle Dress. Dress anggun ini semula dipatok dengan harga Rp 249.000. Namun, dress ini mendapatkan sale sebesar 40% sehingga menjadi Rp 149.000 saja.
Adapun  <300 berisi produk-produk dengan semua  harga yang dipatok berada di bawah angka Rp 300.000.  Dalam <300 tersedia dalam beberapa opsi yang memudahkan konsumen dalam mencari produk yang sesuai.
Bagi konsumen yang ingin mencari produk berdasarkan jenis kelamin, bisa klik katagori wanita, laki-laki, atau anak-anak. Kalau ingin mencari berdasarkan harga yang tersedia, bisa klik Harga yang tersedia dalam dua fitur yaitu Rp 100.000 - Rp250.000 dan Rp 250.000 - Rp500.000. Kalau ingin mencari produk berlabel <300 berdasarkan brand, konsumen bisa klik pilihan brand yang tersedia atau search brand yang diinginkan. Mudah bukan? Semua hanya ada di Zalora.

  1. Proses shopping  di Zalora sangat MUDAH
Mudah. Itulah kata yang paling tepat untuk merepresentasikan proses belanja di Zalora. Zalora telah mendesain sebuah system navigasi yang mampu memandu konsumen untuk transaksi dan membeli barang dengan mudah. Konsumen tinggal mengikuti prosedur yang sudah dibuat dan langsung bisa berbelanja.
Pertama, kita membuat akun di Zalora terlebih dahulu. Selanjutnya, kita bisa langsung berbelanja dengan mengisi keranjang belanja kita. Selanjutnya, Zalora akan mengirim email konfirmasi pemesanan pada kita. Lalu, kita tinggal memilih cara pembayaran lewat kartu kredit, bank transfer, atau pembayaran tunai saat pengiriman (cash on delivery). Pembayaran lewat kartu dapat dilakukan lewat Visa, Mandiri, dan BCA. Selain itu, Zalora menyediakan layanan  pembayaran COD yang tersedia di 32 kota.
Sebagaimana yang tercantum dalam zalora.co.id, ada 3 langkah mudah untuk melakukan COD, yaitu :
1.         Pada halaman produk pilihan Anda, pilih ukuran Anda. Selanjutnya, klik “Beli” dan “Lanjut ke Pembayaran”.
2.         Jika Anda sudah menjadi member ZALORA, maka Anda hanya perlu memasukan e-mail dan password pada kolom“Login”. Jika belum terdaftar, klik “Lanjutkan”.
3.         Pada tahap akhir, isi data pribadi Anda pada kolom “Informasi Anda”, lalu pilih Bayar di Tempat (COD) pada Kolom“Cara Pembayaran”, cek ulang pemesanan Anda di kolom “Konfirmasi Pembelian” dan klik “Bayar”.
Ada satu lagi kemudahan lain yang diberikan oleh Zalora yaitu gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi, kita tak perlu lagi bingung-bingung menghitung pengeluaran untuk biaya pengiriman karena sudah ditanggung oleh Zalora.
Selain itu, Zalora juga menyediakan jasa pengiriman yang cukup banyak. Misalnya JNE, Firstlogistik, Gojek, dan lain-lain.

  1. Zalora, online shop yang TERPERCAYA
Salah satu komitmen dari Zalora adalah menjadi online shop yang terpercaya. Oleh karena itu, Zalora memiliki customer service yang handal dan terpercaya untuk melayani pertanyaan para konsumen. Jika ada keluhan, Zalora siap memberikan pelayanan yang cepat dan professional demi kepuasan konsumen. Customer Service Zalora bisa dihubungi di nomor 021-29490100. Email: help@zalora.co.id. Customer service Zalora buka Senin – Jumat, 9:00 – 21:00 WIB.


6.      Zalora menyediakan berbagai tawaran yang MENARIK
Zalora tak hanya menawarkan berbagai produk yang berkualitas namun juga membahagiakan konsumen dengan berbagai tawaran yang menarik. Misalnya saja voucher belanja Rp 50.000 bagi siapapun yang berlangganan newsletter Zalora.
Saya pribadi pun tertarik dengan tawaran tersebut. Saya memasukkan email saya di kolom yang tersedia. Belum sampai sehari, saya mendapatkan email dari Zalora berisi voucher belanja Rp 50.000. Senangnya J
Selain voucher, Zalora juga memberikan tawaran menggiurkan lain misalnya discount Rp 100.000 bagi pemilik kartu kredit ANZ dengan ketentuan yang berlaku.
Dengan berbagai tawaran dan bonus-bonus seperti ini, Zalora semakin lekat di hati para konsumennya.

  1. Layanan Zalora dijamin MEMUASKAN
Zalora berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik demi kepuasan konsumen. Zalora berusahan untuk mengirimkan barang dalam waktu 2 hari kerja sejak hari pemesanan barang.
Selain itu, Zalora juga berusaha memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Kepuasan konsumen inilah yang sebenarnya menjadi tolak ukur sebuah online shop agar bisa dikatakan baik atau tidak. Jika tidak ada ulasan positif dari konsumen, maka bisa dipastikan sebuah online shop itu tidak baik  Namun, kondisi yang berbeda justru didapatkan oleh Zalora. Zalora mendapatkan berbagai ulasan positif dari konsumen.           
Ketika saya membuka akun twitter Zalora, saya banyak menemukan berbagai komentar positif tentang Zalora. Komentar-komentar tersebut kebanyakan dari konsumen yang mengungkapkan kebahagiaan dan perasaan mereka saat menerima kiriman barang dari Zalora.

Kekurangan Zalora.co.id
  1. Websitenya semakin berat
  2. Kurang begitu mengupdate yang terbaru
BAB III
KESIMPULAN

Zalora Indonesia adalaha e-commerce B2C yang berdiri pada tahun 2011 yang ikut meramaikan produk fashion tanah air dari berbagai brand, baik internasional maupun brand lokal. Zalora merupakan anak perusahan dari Zalando, salah satu situs belanja online terbesar di eropa. Di indonesia eksistensi zalora mampu membawa e-commerce satu ini menduduki peringkat 3 situs belanja online terbesar setelah Lazada dan Olx.























DAFTAR PUSTAKA

http://economy.okezone.com/read/2013/11/28/320/903972/nih-hambatan-jalankan-bisnis-online
https://melfrida.wordpress.com/analisis-zalora-lazada/
https://id.techinasia.com/poin-penting-perayaan-ulang-tahun-ketiga-ecommerce-fashion-zalora/

 

2 komentar:

Sandra Ovia Loan Firm mengatakan...

Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

kerupuxkulit mengatakan...

pengertian dari properti

Posting Komentar

Copyright 2009 Intan Maulidina Handayani. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates